Definisi Mesin Pencari Search Engine atau mesin pencari merupakan program yang dirancang untuk melakukan pencarian informasi dan dokumen yang ada di internet. Dengan adanya mesin pencari, memungkinkan pengguna menemukan informasi lebih cepat. Contoh mesin pencari : Google, Bing, Yahoo, Ask, MSN.
Cara Kerja Mesin Pencari
a. Proses mengumpulkan data
Mesin pencari memiliki sebuah mesin yang disebut sebagai spider/crawler. Spider digunakan untuk mengunjungi halaman website dan mengumpulkan informasi. Spider Google bernama googlebot.
Pengertian SEO
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan serangkaian proses untuk meningkatkan halaman web sehingga mempunyai peringkat tinggi dalam search engine untuk keyword tertentu. SEO dibagi menjadi 2, yaitu on-page optimization and off-page optimization.On-page optimization merujuk kepada setiap metode yang Anda gunakan untuk mengoptimasi halaman website Anda. Off-page optimization adalah popularitas link website Anda di internet.
White Hat & Black Hat SEO
Berdasarkan teknik yang digunakan untuk melakukan SEO, ada 2 jenis SEO
Black Hat SEO
Black hat SEO merupakan teknik optimasi yang dilakukan untuk berada di halaman pertama mesin pencari dengan cara ilegal / curang. Teknik ini berusaha mengelabui mesin pencari.
Beberapa teknik yang termasuk ke dalam black hat SEO :
a. Link Farming
b. Keyword Stuffing
c. Invisible Text
d. Page Cloaking
White Hat SEO
White hat SEO merupakan teknik Optimasi yang baik dan benar. Teknik ini tidak melanggar syarat ketentuan yang ditetapkan mesin pencari. Membutuhkan waktu lebih lama untuk ada di halaman pertama, tetapi aman dari banned
Beberapa teknik yang termasuk ke dalam White hat SEO adalah :
a. Optimasi kata kunci secara wajar
b. Optimasi Konten Website
c. Optimasi URL / Permalink
d. Optimasi Layout Website
e. Membangun Link building
f. Optimasi meta tag
g. Share blog ke social media
Pemilihan Keyword
Sebelum melakukan optimasi, Anda harus menentukan frase keyword/kata kunci terlebih dahulu. Ketika Anda memilih frase keyword Anda harus mempertimbangkan target pasar Anda. Kata kunci target harus mencerminkan apa yang Anda tulis di dalam artikel.
Pertimbangan dalam memilih kata kunci :
a. Jumlah persaingan kata kunci
b. Volume pencarian kata kunci
Tools Riset kata kunci :
a. http://wordtracker.com
b. https://ads.google.com/aw/keywordplanner
c. http://keywordtool.io
d. https://ubersuggest.io/
On Page & Off Page SEO
On Page SEO
Search Engine secara teratur meningkatkan algoritma mereka sehingga dapat memberikan hasil yang lebih relevan.
Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam On Page SEO, yaitu :
a. Title Tag
b. Meta Description Tag
c. Meta Keywords Tag
d. Body tag
e. Footer website
f. Frame, Javascript, Flash
g. Anchor dan Link
h. Navigasi
i. Keyword Prominence
j. Keyword Proximity
k. Keyword Frequency
Off Page SEO
Off page SEO berkaitan dengan seberapa banyak website Anda mendapatkan backlink. Link popularity adalah jumlah link relevan dan berkualitas dari website lain menuju website Anda. Beberapa search engine menggunakan link popularity sebagai bagian algoritma yang membantu menentukan relevansi website anda.
Cara mendapatkan backlink dari website lain :
a. Berikan komentar pada blog orang lain yang menyediakan form komentar. Pada bagian url, tuliskan alamat website anda
b. Bertukar link dengan website lain
c. Submit blog ke web directory
d. Submit artikel ke situs social bookmarking
e. Promosikan artikel di social media
Komentar
Posting Komentar