Rangkuman Materi 5 (TRAFFIC WEBSITE)


 BAB V

Pengertian Traffic

Traffic adalah pengunjung website. Traffic disebut juga sebagai visitor atau pengunjung. Tidak ada bisnis yang akan berjalan tanpa adanya orang yang datang mengunjungi lokasi bisnis Anda kemudian membeli bukan? Demikian juga dalam bisnis online. Mendatangkan pengunjung atau traffic adalah kemampuan utama yang harus dimiliki dalam menjalankan bisnis online.


Pentingnya Traffic

Toko online membutuhkan pengunjung untuk membeli produk

Blog periklanan dengan google adsense membutuhkan pengunjung untuk

mengklik iklan

Website afiliasi membutuhkan pengunjung untuk membeli produk

Istilah Terkait Traffic :


a. Visitors

Visitor disebut juga sessions. Visitor merupakan jumlah total pengunjung, baik

yang pertama kali datang maupun yang sudah kembeli berkali-kali. Jumlah

visitors menunjukkan total jumlah traffic darimanapun asalnya

b. Page Views

Page views menunjukkan jumlah banyaknya halaman website yang dilihat oleh

pengunjung. Satu pengunjung bisa saja melihat lebih dari satu halaman.

Jumlah pageviews tidak akan berada di bawah jumlah visitors

c. Unique Visitors

Unique visitors disebut juga sebagai first time visitors. Unique visitors adalah

jumlah pengunjung yang baru pertama kali datang ke website Anda.


d. Bounce Rate

Bounce rate adalah sebuah istilah untuk menggambarkan pengunjung yang

datang ke website Anda tetapi hanya beberapa detik saja sebelum

meninggalkan website Anda. Bounce rate adalah tingkat indikator tingkat

interaksi seseorang di website Anda.Semakin bagus kualitas konten yang dimiliki website anda, semakin sedikit orang yang “memantul” keluar dari website Anda. Angka bounce rate berupa persen (%), di mana semakin kecil angka berarti semakin bagus. Bounce rate 20%, artinya dari 100 orang yang datang ke website Anda, 20 orang akan langsung pergi tanpa melihat apa-apa


e. Avg. Time on Site

Average time on site menunjukkan berapa lama rata-rata waktu yang

dihabiskan pengunjung di website Anda. Sering juga disebut avg. duration

atau avg. session duration. Ini adalah indikator apakah konten Anda sesuai

dengan target pasar. Semakin lama seseorang di website anda, bisa jadi

karena konten yang Anda berikan menarik perhatian mereka


f. Pages per visit

Pages per visit sering juga disebut pages per session. Adalah rata-rata jumlah

halaman yang dilihat per pengunjung. Semakin tinggi pages per visit artinya

semakin mudah orang yang datang untuk menemukan halaman yang menarik

bagi orang tersebut.


Strategi Mendatangkan Traffic

Ada 3 strategi untuk mendatangkan traffic, yaitu :

a. Traffic dari search engine / mesin pencari

Sebuah traffic disebut dari search engine jika visitor masuk ke sebuah website

melalui search engine. Visitor menuliskan kata kunci di search engine,

kemudian mengklik hasil pencarian, baik hasil pencarian organic maupun ads.

Traffic yang berasal dari hasil pencarian organis, merupakan sumber traffic

yang paling banyak diiinginkan pemilik website. Traffic dari search engine

akan banyak jika website menempati halaman pertama search engine. Anda

harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum melakukan optimasi

traffic dari search engine.

Untuk ada di halaman pertama search engine, khususnya Google bisa

menggunakan cara gratis dengan SEO dan cara berbayar dengan Google Ads.

Pada search engine google, hasil pencarian dibagi menjadi 2, yaitu :

  •  Organic results

website yang muncul di bagian ini mendapatkan peringkat awal di

google secara gratis dengan cara menerapkan tehnik SEO

  •  Paid results

website yang muncul di bagian ini harus membayar kepada Google Ads

supaya posisinya muncul di peringkat atas dengan keyword yang

diinginkan


b. Traffic dari website lain

Pengunjung datang ke sebuah website atas referensi dari website lain.

Misalnya mengklik klik atau banner yang dipasang di web lain. Contoh :

posting blog dan di share di facebook, kemudian diklik oleh temannya

Beberapa cara untuk mendapatkan traffic ini adalah Anda harus sering

meletakkan backlink di website berikut :

  • Social media (facebook, twitter)
  • Youtube
  • Forum (Kaskus, detikforum, kompasiana)
  • Website periklanan
  • Blog / website lain

c. Traffic langsung / direct traffic

Traffic ini berarti pengunjung datang ke sebuah website dengan cara

menuliskan url website di browser. Jika sebuah website sudah populer, direct

traffic akan lebih banyak. Jika website belum populer, direct traffic jumlahnya sedikit

Contoh : seseorang mengetikkan facebook.com di browser saat akan membuka facebook

Beberapa strategi untuk mendatangkan traffic langsung

  •  Mendistribukan file pdf dengan link ke website kita
  •  Mencantumkan alamat website di kartu nama
  •  Promosi melalui offline media, spt brosur, majalah

Targetted Traffic, Free Traffic, Paid Traffic

Targetted traffic adalah traffic yang sesuai dengan target market website Anda. Targetted traffic yang lebih sedikit jauh lebih berharga dibanding traffic tidak targetted yang banyak

Targeted Traffic bisa didapatkan dengan metode gratis dan juga metode berbayar.

Metode berbayar bisa mendatangkan traffic lebih cepat dibandingkan metode gratis.

Traffic gratis meliputi :

  • Menggunakan SEO
  • Menggunakan social media
  • Memasang link di website lain yang gratis.
Traffic berbayar meliputi :

  •  Menggunakan Google Ads
  •  Menggunakan Facebook Ads
  •  Memasang iklan di website berbayar (contoh detik.com, kompas.com)

Tools melihat traffic website

Traffic bisa berasal dari berbagai sumber sebagai berikut :

a. Banners

b. Popups

c. Email Ads

d. Classified Ads

e. PPC Search Engines

f. Google Ads

g. Press Releases

h. Articles

i. Forums

j. Links

Anda harus mengetahui darimana asal traffic website. Ini berguna agar Anda bisa

melakukan optimasi di sumber traffic yang masih sedikit. Olehtu Anda butuh tools

untuk tracking dari mana traffic berasal. Berikut ini adalah beberapa tools untuk

melihat traffic website Anda.

  • Awstats
  • Site stats by Jetpack
  • Google analytics 
  • Histats.com 

Komentar