BAB V
Pengertian Traffic
Traffic adalah pengunjung website. Traffic disebut juga sebagai visitor atau pengunjung. Tidak ada bisnis yang akan berjalan tanpa adanya orang yang datang mengunjungi lokasi bisnis Anda kemudian membeli bukan? Demikian juga dalam bisnis online. Mendatangkan pengunjung atau traffic adalah kemampuan utama yang harus dimiliki dalam menjalankan bisnis online.
Pentingnya Traffic
Toko online membutuhkan pengunjung untuk membeli produk
Blog periklanan dengan google adsense membutuhkan pengunjung untuk
mengklik iklan
Website afiliasi membutuhkan pengunjung untuk membeli produk
Istilah Terkait Traffic :
a. Visitors
Visitor disebut juga sessions. Visitor merupakan jumlah total pengunjung, baik
yang pertama kali datang maupun yang sudah kembeli berkali-kali. Jumlah
visitors menunjukkan total jumlah traffic darimanapun asalnya
b. Page Views
Page views menunjukkan jumlah banyaknya halaman website yang dilihat oleh
pengunjung. Satu pengunjung bisa saja melihat lebih dari satu halaman.
Jumlah pageviews tidak akan berada di bawah jumlah visitors
c. Unique Visitors
Unique visitors disebut juga sebagai first time visitors. Unique visitors adalah
jumlah pengunjung yang baru pertama kali datang ke website Anda.
d. Bounce Rate
Bounce rate adalah sebuah istilah untuk menggambarkan pengunjung yang
datang ke website Anda tetapi hanya beberapa detik saja sebelum
meninggalkan website Anda. Bounce rate adalah tingkat indikator tingkat
interaksi seseorang di website Anda.Semakin bagus kualitas konten yang dimiliki website anda, semakin sedikit orang yang “memantul” keluar dari website Anda. Angka bounce rate berupa persen (%), di mana semakin kecil angka berarti semakin bagus. Bounce rate 20%, artinya dari 100 orang yang datang ke website Anda, 20 orang akan langsung pergi tanpa melihat apa-apa
e. Avg. Time on Site
Average time on site menunjukkan berapa lama rata-rata waktu yang
dihabiskan pengunjung di website Anda. Sering juga disebut avg. duration
atau avg. session duration. Ini adalah indikator apakah konten Anda sesuai
dengan target pasar. Semakin lama seseorang di website anda, bisa jadi
karena konten yang Anda berikan menarik perhatian mereka
f. Pages per visit
Pages per visit sering juga disebut pages per session. Adalah rata-rata jumlah
halaman yang dilihat per pengunjung. Semakin tinggi pages per visit artinya
semakin mudah orang yang datang untuk menemukan halaman yang menarik
bagi orang tersebut.
Strategi Mendatangkan Traffic
Ada 3 strategi untuk mendatangkan traffic, yaitu :
a. Traffic dari search engine / mesin pencari
Sebuah traffic disebut dari search engine jika visitor masuk ke sebuah website
melalui search engine. Visitor menuliskan kata kunci di search engine,
kemudian mengklik hasil pencarian, baik hasil pencarian organic maupun ads.
Traffic yang berasal dari hasil pencarian organis, merupakan sumber traffic
yang paling banyak diiinginkan pemilik website. Traffic dari search engine
akan banyak jika website menempati halaman pertama search engine. Anda
harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum melakukan optimasi
traffic dari search engine.
Untuk ada di halaman pertama search engine, khususnya Google bisa
menggunakan cara gratis dengan SEO dan cara berbayar dengan Google Ads.
Pada search engine google, hasil pencarian dibagi menjadi 2, yaitu :
- Organic results
website yang muncul di bagian ini mendapatkan peringkat awal di
google secara gratis dengan cara menerapkan tehnik SEO
- Paid results
website yang muncul di bagian ini harus membayar kepada Google Ads
supaya posisinya muncul di peringkat atas dengan keyword yang
diinginkan
b. Traffic dari website lain
Pengunjung datang ke sebuah website atas referensi dari website lain.
Misalnya mengklik klik atau banner yang dipasang di web lain. Contoh :
posting blog dan di share di facebook, kemudian diklik oleh temannya
Beberapa cara untuk mendapatkan traffic ini adalah Anda harus sering
meletakkan backlink di website berikut :
- Social media (facebook, twitter)
- Youtube
- Forum (Kaskus, detikforum, kompasiana)
- Website periklanan
- Blog / website lain
c. Traffic langsung / direct traffic
Traffic ini berarti pengunjung datang ke sebuah website dengan cara
menuliskan url website di browser. Jika sebuah website sudah populer, direct
traffic akan lebih banyak. Jika website belum populer, direct traffic jumlahnya sedikit
Contoh : seseorang mengetikkan facebook.com di browser saat akan membuka facebook
Beberapa strategi untuk mendatangkan traffic langsung
- Mendistribukan file pdf dengan link ke website kita
- Mencantumkan alamat website di kartu nama
- Promosi melalui offline media, spt brosur, majalah
Targetted Traffic, Free Traffic, Paid Traffic
Targetted traffic adalah traffic yang sesuai dengan target market website Anda. Targetted traffic yang lebih sedikit jauh lebih berharga dibanding traffic tidak targetted yang banyak
Targeted Traffic bisa didapatkan dengan metode gratis dan juga metode berbayar.
Metode berbayar bisa mendatangkan traffic lebih cepat dibandingkan metode gratis.
Traffic gratis meliputi :
- Menggunakan SEO
- Menggunakan social media
- Memasang link di website lain yang gratis.
- Menggunakan Google Ads
- Menggunakan Facebook Ads
- Memasang iklan di website berbayar (contoh detik.com, kompas.com)
Tools melihat traffic website
Traffic bisa berasal dari berbagai sumber sebagai berikut :
a. Banners
b. Popups
c. Email Ads
d. Classified Ads
e. PPC Search Engines
f. Google Ads
g. Press Releases
h. Articles
i. Forums
j. Links
Anda harus mengetahui darimana asal traffic website. Ini berguna agar Anda bisa
melakukan optimasi di sumber traffic yang masih sedikit. Olehtu Anda butuh tools
untuk tracking dari mana traffic berasal. Berikut ini adalah beberapa tools untuk
melihat traffic website Anda.
- Awstats
- Site stats by Jetpack
- Google analytics
- Histats.com
Komentar
Posting Komentar