Rangkuman Materi 15 (Periklanan Online)


BAB XV

Iklan Tradisional

Sebelum ada internet, iklan tradisional ditayangkan menggunakan televisi, radio, brosur dan iklan di media cetak. Iklan melalui televisi, radio, dan media cetak memerlukan biaya yang mahal. Beriklan secara tradisional juga sulit untuk menargetkan segmen secara akurat. Iklan akan tayang kepada siapapun penontonnya, tidak peduli umur, jenis kelamin dan lokasi.


Peningkatan atau penurunan penjualan secara keseluruhan adalah ukuran yang tidak dapat diandalkan jika Anda menggunakan lebih dari satu bentuk periklanan di waktu bersamaan.

Akan tetapi iklan tradisional dapat bermanfaat sebagai pelengkap pemasaran online

Misalnya, kartu nama, brosur, selebaran, bisa menjadi alat pemasaran yang efektif bila digunakan pada waktu yang tepat.

Periklanan Online

Saat ini online advertising semakin populer dibandingkan iklan tradisional. Hal ini disebabkan Karena biaya iklan online lebih murah dibandingkan iklan tradisional. Iklan online juga dapat mentargetkan secara khusus kepada orangorang yang sedang mencari produk/jasa Anda di internet.

Saat disiapkan dan dikonfigurasi dengan benar, iklan online dapat memberi

Anda bisa menggunakan ini untuk menentukan keefektifan kampanye Anda, dan membuat perubahan yang sesuai. Anda dapat melihat iklan mana yang berkinerja baik dan mana yang gagal. Anda dapat menjalankan pengujian untuk menentukan headline iklan mana yang paling efektif. Anda dapat mengevaluasi dan meningkatkan kampanye Anda secara teratur, dan membuatnya lebih menguntungkan.
Bisa Menentukan Target iklan online dapat ditargetkan ke pemirsa yang sangat spesifik. Memudahkan

Jenis Iklan

  • Iklan berbentuk gambar yang bisa diklik dan menuju ke landing page milik Anda. Anda bisa menyiapkan gambar dengan format jpg/png.
  • Iklan berbentuk teks yang dijadikan hyperlink uutk menuju ke landing page milik Anda. Teks ads biasanya berisi judul, deskripsi singkat dan sebuah link.
  • Iklan ini biasanya dibuat menggunakan flash / javascript. Dapat menampilkan video, interaktif dan bisa berbentuk game.



Biaya Iklan

Biaya yang dikeluarkan untuk setiap seribu tayangan, terlepas dari apakah iklan Anda memperoleh klik atau konversi. CPM telah menjadi struktur biaya umum untuk periklanan online.

Biaya yang dikeluarkan untuk setiap klik iklan.

Pentargetan dalam Periklanan Online

Persaingan di bisnis online saat ini sangat ketat. Dengan menargetkan iklan online, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk sukses. Sebelum menjalankan periklanan online, Anda harus menentukan target siapa saja yang Anda harapkan melihat iklan Anda.
Sasaran penargetan adalah untuk memastikan iklan Anda ditampilkan secara khusus kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Pentargetan Kata Kunci

Bentuk paling populer dari penargetan untuk periklanan online adalah penargetan kata kunci. Ada dua cara kerja utama penargetan kata kunci dalam periklanan online. Pertama adalah melalui pemasaran kata kunci mesin pencari , di mana Anda dapat menargetkan iklan kepada pengunjung yang mencari frase kata kunci tertentu.

Penargetan perilaku menggunakan informasi dari cookie — sebagian kecil informasi disimpan di komputer Anda untuk situs web yang Anda kunjungi — untuk melacak tren penjelajahan seperti halaman yang dikunjungi atau pencarian yang dilakukan di mesin pencari.

Geotargeting

Geotargeting memungkinkan Anda menampilkan iklan yang berkaitan ke lokasi fisik pengunjung. Menggunakan alamat IP pengunjung Anda dapat menentukan dengan akurat lokasi pengunjung seperi dari mana mereka berasal, hingga kota, negara bagian, atau provinsi.

Beriklan di Mesin Pencari

Salah satu cara yang populer untuk menampilkan iklan Anda kepada audiens yang besar adalah dengan menempatkan iklan pada halaman hasil mesin pencari.
Biasanya iklan muncul di atas atau di samping hasil pencarian pada mesin pencari.
Iklan di mesin pencari menargetkan pengunjung yang sedang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ketika sasarannya tepat, beriklan di mesin pencari bisa sangat efektif dalam menghasilkan traffic dan prospek pembeli.

Dengan Google Ads, penargetan lokasi dan bahasa dilakukan di pada tingkat kampanye. Jika Anda perlu menargetkan beberapa demografi berbeda, Anda dapat membuat beberapa kampanye.

Langkah selanjutnya adalah membuat group iklan . Grup iklan memecah kampanye Anda lebih jauh, memungkinkan Anda untuk menargetkan kata kunci secara spesifik untuk beberapa iklan berbeda.

Langkah selanjutnya adalah memilih frase kata kunci.

Anda akan muncul pada penelusuran untuk «sepatu pria» dan «sepatu wanita»

Phrase match, «Sepatu lari» akan tetap ditampilkan kepada pengguna yang menelusuri «sepatu lari pria», bukan «sepatu untuk lari».


Beriklan di Social Media

Walaupun relatif baru dalam perangkat periklanan online, situs web jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram menawarkan solusi periklanan yang sangat bertarget. Dengan ratusan juta pengguna, social media merupakan tempat yang cocok untuk memasang iklan.

Dengan beriklan di social media, Anda dapat menargetkan kriteria yang sebelumnya tidak tersedia melalui cara lain, seperti iklan di mesin pencari.
Biaya iklan di social media lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di mesin pencari. Terkadang biaya beriklan tidak lebih dari Rp 100 untuk setiap klik iklannya.


Rangkuman

Saat ini sudah banyak orang yang beriklan secara online. Iklan secara online lebih efektif dibandingkan dengan iklan tradisional. Iklan online dapat diukur keberhasilannya dan juga dapat menentukan target.

Komentar