BAB XV
Iklan Tradisional
Sebelum ada internet, iklan tradisional ditayangkan
menggunakan televisi, radio, brosur dan iklan di media cetak. Iklan melalui
televisi, radio, dan media cetak memerlukan biaya yang mahal. Beriklan secara
tradisional juga sulit untuk menargetkan segmen secara akurat. Iklan akan
tayang kepada siapapun penontonnya, tidak peduli umur, jenis kelamin dan
lokasi.
Peningkatan atau penurunan penjualan secara keseluruhan
adalah ukuran yang tidak dapat diandalkan jika Anda menggunakan lebih dari satu
bentuk periklanan di waktu bersamaan.
Akan tetapi iklan tradisional dapat bermanfaat sebagai
pelengkap pemasaran online
Misalnya, kartu nama, brosur, selebaran, bisa menjadi alat
pemasaran yang efektif bila digunakan pada waktu yang tepat.
Periklanan Online
Saat ini online advertising semakin populer dibandingkan
iklan tradisional. Hal ini disebabkan Karena biaya iklan online lebih murah
dibandingkan iklan tradisional. Iklan online juga dapat mentargetkan secara
khusus kepada orangorang yang sedang mencari produk/jasa Anda di internet.
Saat disiapkan dan dikonfigurasi dengan benar, iklan online
dapat memberi
Anda bisa menggunakan ini untuk menentukan keefektifan
kampanye Anda, dan membuat perubahan yang sesuai. Anda dapat melihat iklan mana
yang berkinerja baik dan mana yang gagal. Anda dapat menjalankan pengujian
untuk menentukan headline iklan mana yang paling efektif. Anda dapat
mengevaluasi dan meningkatkan kampanye Anda secara teratur, dan membuatnya
lebih menguntungkan.
Bisa Menentukan Target iklan online dapat ditargetkan ke
pemirsa yang sangat spesifik. Memudahkan
Jenis Iklan
- Iklan
berbentuk gambar yang bisa diklik dan menuju ke landing page milik Anda.
Anda bisa menyiapkan gambar dengan format jpg/png.
- Iklan
berbentuk teks yang dijadikan hyperlink uutk menuju ke landing page milik
Anda. Teks ads biasanya berisi judul, deskripsi singkat dan sebuah link.
- Iklan ini
biasanya dibuat menggunakan flash / javascript. Dapat menampilkan video,
interaktif dan bisa berbentuk game.
Biaya Iklan
Biaya yang dikeluarkan untuk setiap seribu tayangan, terlepas
dari apakah iklan Anda memperoleh klik atau konversi. CPM telah menjadi
struktur biaya umum untuk periklanan online.
Biaya yang dikeluarkan untuk setiap klik iklan.
Pentargetan dalam Periklanan Online
Persaingan di bisnis online saat ini sangat ketat. Dengan
menargetkan iklan online, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk sukses.
Sebelum menjalankan periklanan online, Anda harus menentukan target siapa saja
yang Anda harapkan melihat iklan Anda.
Sasaran penargetan adalah untuk memastikan iklan Anda
ditampilkan secara khusus kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan
produk atau layanan Anda.
Pentargetan Kata Kunci
Bentuk paling populer dari penargetan untuk periklanan online
adalah penargetan kata kunci. Ada dua cara kerja utama penargetan kata kunci
dalam periklanan online. Pertama adalah melalui pemasaran kata kunci mesin
pencari , di mana Anda dapat menargetkan iklan kepada pengunjung yang mencari
frase kata kunci tertentu.
Penargetan perilaku menggunakan informasi dari cookie —
sebagian kecil informasi disimpan di komputer Anda untuk situs web yang Anda
kunjungi — untuk melacak tren penjelajahan seperti halaman yang dikunjungi atau
pencarian yang dilakukan di mesin pencari.
Geotargeting
Geotargeting memungkinkan Anda menampilkan iklan yang
berkaitan ke lokasi fisik pengunjung. Menggunakan alamat IP pengunjung Anda
dapat menentukan dengan akurat lokasi pengunjung seperi dari mana mereka
berasal, hingga kota, negara bagian, atau provinsi.
Beriklan di Mesin Pencari
Salah satu cara yang populer untuk menampilkan iklan Anda
kepada audiens yang besar adalah dengan menempatkan iklan pada halaman hasil
mesin pencari.
Biasanya iklan muncul di atas atau di samping hasil pencarian
pada mesin pencari.
Iklan di mesin pencari menargetkan pengunjung yang sedang
mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ketika sasarannya tepat,
beriklan di mesin pencari bisa sangat efektif dalam menghasilkan traffic dan
prospek pembeli.
Dengan Google Ads, penargetan lokasi dan bahasa dilakukan di
pada tingkat kampanye. Jika Anda perlu menargetkan beberapa demografi berbeda,
Anda dapat membuat beberapa kampanye.
Langkah selanjutnya adalah membuat group iklan . Grup iklan
memecah kampanye Anda lebih jauh, memungkinkan Anda untuk menargetkan kata
kunci secara spesifik untuk beberapa iklan berbeda.
Langkah selanjutnya adalah memilih frase kata kunci.
Anda akan muncul pada penelusuran untuk «sepatu pria» dan
«sepatu wanita»
Phrase match, «Sepatu lari» akan tetap ditampilkan kepada
pengguna yang menelusuri «sepatu lari pria», bukan «sepatu untuk lari».
Beriklan di Social Media
Walaupun relatif baru dalam perangkat periklanan online,
situs web jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram menawarkan
solusi periklanan yang sangat bertarget. Dengan ratusan juta pengguna, social
media merupakan tempat yang cocok untuk memasang iklan.
Dengan beriklan di social media, Anda dapat menargetkan
kriteria yang sebelumnya tidak tersedia melalui cara lain, seperti iklan di
mesin pencari.
Biaya iklan di social media lebih murah jika dibandingkan
dengan iklan di mesin pencari. Terkadang biaya beriklan tidak lebih dari Rp 100
untuk setiap klik iklannya.
Rangkuman
Saat ini sudah banyak orang yang beriklan secara online.
Iklan secara online lebih efektif dibandingkan dengan iklan tradisional. Iklan
online dapat diukur keberhasilannya dan juga dapat menentukan target.
Komentar
Posting Komentar