BAB VII
Pengenalan PPC dan cara kerjanya
PPC singkatan dari Pay Per Click. PPC sendiri bisa dipandang dari 2 sisi, sebagai advertiser (pengiklan) atau sebagai publisher (penerbit). Dari sisi advertiser PPC artinya memasang iklan dengan pembayaran dilakukan setiap kali iklan di klik. Dari sisi publisher PPC artinya meletakkan iklan di website untuk mendapatkan uang setiap kali iklan diklik. Di modul ini yang dibahas adalah PPC dari sudut pandang publisher.
Website penyedia layanan PPC disebut juga sebagai ad network. Ad Network memiliki banyak advertiser yang memasang iklan di website mereka, kemudian iklan ini disalurkan ke publisher. Ad network bertindak sebagai perantara antara advertiser dan publisher. Advertiser memasang iklan di ad network, kemudian oleh ad network iklan ditayangkan di website publisher. Ad Network mendapatkan keuntungan dari selisih biaya iklan advertiser dengan biaya yang diberikan ke publisher.
Istilah Dalam PPC
Ada beberapa istilah yang sering digunakan berkaitan dengan PPC untuk publisher, yaitu :
a. Ad format
Ad format Cara iklan ditampilkan kepada pengguna di situs Anda. Misalnya, iklan mungkin ditampilkan dalam konten halaman (misalnya, iklan teks dan iklan display), ditampilkan di bagian atas halaman (misalnya, iklan anchor), dsb. Format iklan yang berbeda dapat mendukung berbagai jenis iklan, seperti teks, display, video, dsb. Format iklan juga dapat bervariasi dalam jumlah iklan individual yang ditampilkannya. Misalnya, format iklan banner akan menampilkan maksimal 2 iklan secara horizontal di seluruh halaman, dan format iklan pilar akan menampilkan maksimal 4 iklan secara vertikal.
b. Ad Impression
Ad impression adalah jumlah tayangan iklan. Tayangan iklan dilaporkan setiap kali iklan individual mulai didownload ke perangkat pengguna. Format iklan yang berbeda akan menampilkan berbagai jumlah iklan; misalnya, setiap kali banner vertikal muncul di situs, Anda akan melihat 2 tayangan iklan dalam laporan.
c. CTR
CTR singkatan dari Click Through Ratio adalah jumlah iklan yang diklik dibagi dengan jumlah iklan tayang. Rumusnya sebagai berikut CTR = jumlah iklan di klik / jumlah iklan tayang Contoh jika iklan tayang sebanyak 1000 kali dan diklik 5 kali, maka CTR nya 0.5%
d. Ad RPM
Ad RPM adalah pendapatan per seribu tayang. Menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima. RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000
Misalnya:
- Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, RPM laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000 atau $6,00.
- Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, RPM iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000 atau $4,00.
e. Ad unit
Ad unit adalah 1 atau beberapa iklan yang ditampilkan sebagai hasil untuk 1 kode iklan.
f. Konversi
Apabila orang yang mengeklik iklan Anda menuntaskan tindakan yang bernilai di situs web pengiklan, seperti membeli sesuatu atau meminta informasi lebih lanjut.
g. Cost Per Click (CPC)
CPC adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih banyak per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.
Pengenalan Google Adsense
Google Adsense adalah layanan periklanan yang dimiliki oleh Google. Pemilik web/channel youtube dapat menampilkan iklan tsb di web/channel youtube mereka. Memperoleh penghasilan jika ada pengunjung yang mengklik / melihat iklan. Iklan berupa teks, video, gambar yang sesuai dengan content website di mana Google Adsense dipasang (contextual advertising).
Nilai per klik iklan berkisar antara $0.01 s/d $10. Setiap klik akan diakumulasikan dan sesudah mencapai minimal $10 Google akan mengirimkan PIN ke alamat rumah. PIN harus dimasukkan ke website Google Adsense sebagai verifikasi bahwa alamat rumah anda benar. Sesudah $100 anda bisa mencairkan uang menggunakan Western Union / transfer ke rekening bank. Satu orang hanya boleh mempunyai satu account GA.
Kelebihan Google Adsense
Google Adsense memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :
Anda tidak perlu bayar untuk mengikuti program ini
Anda dapat mengubah tampilan iklan yang akan ditayangkan di website dan bisa menentukan di mana iklan akan tayang
Iklan yang tayang akan relevan dengan pengunjung yang membuka website
- Ada banyak ukuran dan format iklan yang disediakan
- Anda tidak menjalin kerja sama secara langsung dengan advertiser
- Cara Mendaftar Google Adsense
- Anda bisa mendaftar google Adsense menggunakan website dan channel youtube. Sebelum mendaftar, Anda harus sudah memiliki Google account dan konten di website atau channel youtube. Google Adsense hanya menerima pendaftaran untuk website/channel youtube dengan content yang dinilai bagus. Agar kemungkinan diterima lebih besar, pastikan content Anda unik dan sudah memiliki traffic tinggi.
Cara mendaftar akun Google Adsense Menggunakan Website
Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar google adsense menggunakan website
1. Buka https://adsense.google.com/start/
2. Klik Daftar Sekarang
3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan Jika situs Anda ada di salah satu situs partner host Google (seperti Blogger atau YouTube, dan sejenisnya), Anda dapat menyelesaikan langkah-langkah ini melalui akun Anda dengan mengklik Lanjutkan di… setelah Anda memasukkan URL. Dengan begitu, kami dapat menyiapkan akun Anda lebih cepat, karena situs partner host menggunakan proses pembuatan akun yang berbeda.
4. Masukkan alamat email Anda
5. Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. Sebaiknya Anda memilih Ya agar Adsense dapat membantu Anda memaksimalkan AdSense.
6. Klik Simpan dan Lanjutkan
7. Login ke Akun Google Anda
8. Pilih Negara / wilayah
9. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
10. Klik Buat Akun
Setelah selesai mendaftar, akun Anda masih belum aktif. Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa opsi di akun AdSense baru Anda berwarna abu-abu. Hal itu karena ada beberapa tugas yang harus Anda selesaikan sebelum Akun Anda diaktifkan sepenuhnya
Cara Mengaktifkan Akun Google Adsense
Halaman beranda AdSense Anda menampilkan daftar tugas yang harus diselesaikan sebelum Adsense dapat mengaktifkan akun Anda:
1. Hubungkan situs Anda ke adsense
Setelah di langkah sebelumnya Anda memasukkan alamat website, maka langkah berikutnya adalah Anda harus menghubungkan website Anda ke Adsense.
Salin kode yang ada di halaman beranda AdSense.
Tempelkan kode ke HTML halaman Anda, antara tag dan
Konfirmasikan bahwa Anda telah menempelkan kode tersebut, lalu klik Selesai.
2. Masukkan detail alamat pembayaran Anda
Anda harus memasukkan detail pembayaran supaya nantinya Anda bisa mendapatkan PIN yang dikirim ke alamat rumah Anda setelah penghasilan Anda minimal $10. Selain itu alamat harus sesuai alamat KTP karena akan digunakan sebagai verifikasi saat pengambilan uang melalui Western Union.
- Lengkapi kolom berikut di kartu "Detail alamat pembayaran":
- Jenis akun: Pilih apakah Anda menginginkan akun AdSense "Perorangan" atau "Bisnis".
- Nama: Untuk akun perorangan, masukkan nama lengkap Anda persis seperti yang tertera pada informasi perbankan Anda. Untuk akun bisnis, masukkan nama perusahaan Anda di kolom "Nama bisnis" dan nama kontak untuk perusahaan Anda di kolom "Nama".
- Alamat: Masukkan alamat lengkap Anda
- Nomor telepon : masukkan no telepon yang valid
- Klik Kirim
Mengaktifkan Google Adsense di Youtube
Sebuah channel bisa mengaktifkan fitur monetisasi setelah mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam waktu tonton.
Login ke youtube, masuk ke halaman youtube studio (https://studio.youtube.com). Klik Menu Monetization
Jika dinyatakan sudah memenuhi syarat, klik Enable My Account Ikuti langkah berikutnya. Tunggu konfirmasi dari Google.
Setelah monetization Anda aktifkan, buka youtube studio dan klik menu Videos. Di dalamnya akan terdapat video yang anda miliki. Untuk mengaktifkan iklan di video anda pastikan icon $ berwarna hijau. Iklan akan muncul saat video anda ditonton.
Cara Memasang Google Adsense ke Website
Untuk memasang iklan Google Adsense di website, Anda harus mendapatkan kode iklan yang didapatkan dari dashboard Adsense. Silakan login terlebih dahulu ke https://adsense.com
Posisi penempatan iklan bisa Anda tentukan sendiri atau langsung ditempatkan oleh Google di posisi strategis. Masuk ke menu Ads Overview
Pada halaman ini, Anda bisa memilih By site atau By Ad Unit.
Penempatan by Site
Pada pilihan by site, Anda hanya perlu memasang kode Google pada bagian website Anda. Google akan meletakkan iklan secara otomatis di website Anda. Klik Get Code untuk mendapatkan kode iklan
Copy paste kode Adsense yang muncul pada bagian website Anda. Jika sudah, klik Done.
Penempatan By Ad Unit
Pada penempatan by ad unit, Anda bisa memilih jenis iklan yang akan tayang, apakah Display Ads, In-feed Ads, In-article ads, Matched Content dan Link Ads. Pada contoh ini akan dipilih Display Ads.
Beri nama ad unit, ukuran iklan. Untuk ukuran sebaiknya pilih responsive agar menyesuaikan dengan ukuran device yang membuka website. Jika sudah, klik Create
Akan muncul kode iklan yang harus dipasang di website Anda. (14)
Tips Google Adsense
- Buat tampilan iklan (warna, font) menyerupai tampilan content website Anda sehingga iklan akan tersamarkan
- Untuk iklan teks, gunakan format iklan ukuran besar untuk menarik pengunjung
- Tempatkan iklan pada posisi yang paling banyak diklik
- Cari Traffic / pengunjung sebanyak-banyaknya
- Rajin membuat artikel unik dan banyak dicari pengunjung
Komentar
Posting Komentar